Ini Syarat Saksi Sidang Perceraian di Pengadilan Agama

Posted on

Pagi-pagi itu kang asep baru saja sampai di Pengadilan Agama Ciamis, tiba-tiba datanglah seorang wanita paruh baya yang meminta kang asep untuk menjadi saksi sidang perceraian yang akan digelar. Seketika itu pula kang asep langsung menolak, bukan karena sombong atau tidak mau membantu, tapi kang asep tidaklah mengetahui permasalahan wanita tersebut sehingga sampai sidang di Pengadilan.

Wanita paruh baya tersebut terlihat masih terus berharap kepada kang asep untuk menjadi saksi sidang perceraianya. Terdengar wanita itu menjelaskan duduk perkaranya sambil mengharap iba dengan raut wajah yang sangat gelisah. Rupanya wanita tersebut lupa membawa saksi seperti yang diminta oleh hakim di sidang sebelumnya.

Permintaannya kembali kang asep tolak. Kang asep menyarankan untuk menelpon orang-orang yang dekat dengan wanita tersebut yang mengetahui permasalahan rumah tangganya seperti sahabatnya, tetangganya atau keluarganya sendiri. Kang asep kemudian menjelaskan bahwa kang asep tidak bisa dijadikan saksi, karena kang asep tidak tahu masalah rumah tangga wanita tersebut dan tidak mau membuat kesaksian palsu.

saksi di pengadilan agama, saksi dalam persidangan perceraian, syarat saksi, saksi cerai, saksi persidangan, saksi perceraian,

Nah dari cerita diatas, mungkin agan sista paham bahwa tidak semua orang dapat dijadikan sebagai saksi sidang perceraian atau sidang apapun. Baik di Pengadilan Negeri maupun di Pengadilan Agama, ada syarat-syarat tertentu dimana sesorang dapat atau tidaknya untuk dijadikan sebagai saksi dalam persidangan, khususnya sidang dalam kasus perceraian (cerai talak maupun cerai gugat).

Berikut adalah syarat saksi sidang perceraian di Pengadilan Agama :

  • Sehat pikiran, mental dan ingatannya (tidak gila).
  • Cakap Hukum (Dewasa serta tidak dibawah pengampuan).
  • Mengetahui Permasalahan Rumah Tangga Yang Berperkara (melihat, mendengar dan mengetahui sendiri secara langsung).
    Misalnya alasan perceraian agan sista adalah karena sering terjadi pertengkaran terus-menerus, maka contoh saksi yang bisa didatangkan adalah tetangga agan sista yang pernah mendengar agan sista bertengkar.

Dalam perkara perceraian terutama dalam perceraian karena alasan shiqaq (karena pertengkaran atau perselisihan terus menerus), agan sista bisa mendatangkan saksi dari keluarga agan sista sendiri. Sedangkan untuk perkara perceraian selain karena shiqaq seperti pelanggaran atas shigat taklik talak dan sebagainya, para ahli hukum masih berbeda pendapat tentang boleh tidaknya mendatangkan saksi dari pihak keluarga.

Saran kang asep, jika perkara perceraian agan sista bukan karena alasan shiqaq, maka sebaiknya agan sista datangkan saja saksi diluar keluarga agan sista sendiri yang mengetahui permasalahan keluarga agan sista, misalnya sahabat agan sista, tetangga agan sista dan sebagainya.

Baca Juga : Alasan Cerai Yang Diperbolehkan dan Diterima di Pengadilan Agama

O iya, agan sista biasanya suka diminta hakim untuk mendatangkan 2 orang saksi, itu wajib dipenuhi loh. Jangan sampai disuruh hakim untuk membawa dua orang saksi, agan sista malah membawa satu orang saksi saja. Itu penting loh, karena kesaksian satu orang tidak dapat dianggap sebagai saksi. Artinya jika tidak ada alat bukti lain yang memenuhi syarat, maka saksi yang diajukan harus lebih dari satu.

Oleh karena banyaknya mbak-mbak yang ngeluh ke kang asep tentang susahnya mencari saksi dengan alasan saksi yang melihat, mendengar atau mengetahui permasalahan rumah tangganya takut dihadirkan di persidangan, maka saran kang asep sebaiknya agan sista rayu saja mereka, katakan kepada mereka bahwa menjadi saksi itu tidaklah sulit, hanya mengatakan apa yang ia lihat, dengar atau yang ia ketahui saja.

Orang yang bersaksi tidak akan dimasukkan kedalam penjara seperti para koruptor kelas kakap yang sering diberitakan di tipi-tipi kok. Asalkan saksi tersebut memberikan keterangan yang jujur, kang asep jamin, saksi tersebut akan aman sentosa.

Jika saksinya masih tidak mau datang ke pengadilan, coba diberi rayuan maut saja. Rayuan maut yang kang asep maksud adalah dengan memberikan sedikit pelicin, supaya si saksi mau datang dan memberikan keterangan di sidang  perceraian agan sista di Pengadilan Agama.

Baca Juga : Ini Besaran Biaya Perceraian di Pengadilan Agama

Gravatar Image
Blogger pemula, Lulusan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Advokat pengacara yang fokus menangani masalah perceraian dan hukum perdata islam lain di Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Sumedang, Garut, Bekasi dan kota/kabupaten lainnya di Jawa Barat.

34 thoughts on “Ini Syarat Saksi Sidang Perceraian di Pengadilan Agama

  1. Temenku mau cerai. Kata temenku orangtuanya diundang pengadilan untuk menjadi saksinya saat sidang, padahal orangtuanya g mau dukung dia. Benar ga pengadilan yg mengundang? Kita tdk berhak menunjuk orang lain sebagai saksi?

    1. Saksi itu bisa siapa aja asal yang mengetahui permasalahan rumahtangga yang berperkara, bisa orang tua, bisa tetangga, bisa teman dan lain-lain.
      Tinggal sesuaikan saja dengan alasan dia bercerai itu karena apa. Pengadilan menyuruh mendatangkan orang tuanya mungkin karena menurut pengadilan orang tuanya pasti tau masalah rumahtangga anaknya.

  2. Saya telah dijatuhkan talak dan juga telah melalui masa iddah saya. Kemudian saya dan mantan suami akan masuk pengurusan secara negaranya. Apa benar pengajuan secara negara harus pada pengadilan agama domisili istri? Saya dan keluarga, akhirnya ada konflik dalam proses perceraian kami ini

    Orangtua saya hanya merasa aneh, bukan pihak kami yg menginginkan cerai, tapi mengapa kami yg di minta untuk pengurusan secara negaranya.

    1. untuk yang beragama islam memang proses perceraian diajukan di pengadilan agama tempat kediaman istri saat ini.
      Adapun yang mengajukan cerainya bisa dari pihak istri atau juga suami.

      Misal Jika suami tinggal di kota A dan istri di kota B maka suami harus datang ke pengadilan agama kota B untuk mengurus percerainnya.

      Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu mbak ida.

  3. slmat siang pak ,sya mau tanya kemarin sya dan suami sya bru mengaukan gugatan cerai tp yang mengajukan suami sya .kmi mengalami konflik rmh tangga karna ortu km sling bda pendapat dan juga suami dya ketauan sm wnta lain.seandainya sy menuntut dia krna tdak memberi nafkah lahir dan bati slm 3 bln apkh itu bsa

  4. Saya ingin mengajukan percerain … tetapi dari pihak suami tidak ingin bercerai… dan adakah cerai kampung yg di urus oleh RT setempat ??

  5. Sya mw Tanya Kalau istrinya tidak datang di sidang perceraian Hanya suaminya saja yg dtang dengan saksinya Apakah Suami istri itu bsa bercerai

  6. selamat malam kang asep,apa kabar 🙂

    tadi tgl 4 sidang saya yg ke-6,saya tetap bersih keras tidak mau cerai, undangan jam 9:00 tapi saya tiba di pengadilan agama jam 10:08 artinya saya telat datang ternyata hakim sudah memutuskan CERAI karena saya tdk hadir bersamaan dgn istri/penggugat,itu saya tau setelah saya di persilakan masuk,saya pertanyakan kepada hakim apa alasan ketok palu vonis CERAI pak hakim menjawab “persidangan anda sudah putus tapi anda masih di beri kesempatan untuk mengajukan BANDING” tgl 4 jam 9:00,saya hadir jam 10:08 tgl 4 bukan saya hadir pada tanggal yg lain,bagaimana menurut kang asep tentang keputusan sepihak vonis CERAI yg di putuskan Hakim,terima kasih

    1. Selamat pagi
      Keputusan tanpa dihadiri oleh tergugat disebut keputusan verstek. Itu boleh dan ada dasar hukumnya. Betul bapak hadir tgl 4, tapi bapak tidak tepat waktu, jadi saat persidangan berlangsung, bapak dianggap tidak hadir.
      Kalau bapak merasa tidak puas dengan keputusan tersebut, silahkan bapak ajukan verzet saja.

  7. Siang kang asep,saksi kan harus 2 orang apa saksi dari tergugat di mintai keterangannya secara terpisah atau bersamaaan,atau terpisah?terima kasih kang asep

  8. Mas Asep..Apabila di butuhkan dua saksi.. apa boleh kalau kedua saksi dari orang tua kandung ?? Ayah dan ibu.. terimakasih

  9. Mlm mas asep ky mau nanya klo cerai goib tuuh hrs bawa saksi dr pihak laki” tau tdk y???
    Krn slam permaslah h tangga sy yg pling tau cm keluarga sm kka sy sndri apa kah kka dan mama sy blh tuk di jd kan saksi

      1. Siang mas asep saya ani ,saya sudah mengajukan lermohonan cerai yg diurus sama pengacara saya tp suami saya tidak mau dateng saat sidang, dan hakim meminta suami buat dateng apa diharuskan hadir jika tidak bisa hadir apakah masih bisa lanjut untuk cerai? Makasih

  10. Siang mas asep..
    Saya sudah mengajukan gugatan perceraian dan mengikuti 2 kali persidangan dan persidangan ke tiga sudah di jadwalkan tgl 24 agustus ini untung datang dgn membawa kedua saksi.
    Yang jadi permasalahan saya tidak dpt hadir pada tgl tersebut kerena ada tugas kantor yg benar2 tidak bisa saya tinggalkan. Apa saya harus menyewa pengacara? Mohon solusinya.

  11. Mas Asep, apakah teman” curhat (sahabat geng) bisa jadi saksi perceraian?? (Padahal kami hanya sebagai tempat curhat sang istri, tidak pernah mendengar percekcokan mereka, tidak pernah melihat bekas luka teman saya yg katanya dipukuli/KDRT sama suaminya dll teman kami #istri, yg menggugat istrinya), apakah kami bisa jadi saksi dalam perceraian mereka??

  12. Saya pernah ribut dan disaksikan ibu saya sendiri tapi beliau sedang sakit dan tinggal diluar kota.apa bisa dipersidangan beliau bersaksi melalui telepon seluler gan.karena saya tidak punya saksi lain yg prnah melihat saya brtgkar dgn suami.karena kami brtgkar tidak diketahui tetangga sebelah rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *