Ini Dia Cara Cerai Paling Cepat di Pengadilan Agama

Posted on

Ada-ada saja judul yang kang asep buat kali ini, tapi begitulah kenyataannya, banyak orang yang bertanya ke kang asep tentang bagaimana cara cerai paling cepat di pengadilan agama. Terus terang saja kang asep sendiri kandang suka merasa bingung jika ditanya seperti itu, mengingat tidak ada jalan pintas yang dapat ditempuh untuk mempercepat proses perceraian, karena semua proses beracara di pengadilan agama sudah diatur dalam hukum acara pengadilan agama.

Meskipun demikian, jika mengacu kepada alasan yang biasanya dikemukakan oleh kebanyakan orang bahwa mereka malas terus-terusan datang ke pengadilan, malas mengurus ini itu, jarak ke pengadilan jauh atau tidak punya banyak waktu, maka kang asep sarankan sebaiknya gunakan saja jasa pengacara (advokat). Dengan menggunakan jasa pengacara, agan sista tidak perlu banyak mengurus ini itu, tidak perlu sering datang ke pengadilan dan kesibukan agan sista juga tidak akan terganggu. Agan sista tinggal menunggu saja sampai prosesnya selesai dan akta cerai sampai ke tangan agan sista.

cara cerai yang benar, cara cerai cepat, cara cerai paling cepat, cara cerai di pengadilan, cara cerai sepihakNamun permasalahan tidak berhenti sampai disitu, beberapa orang biasanya tidak mau menggunakan jasa pengacara karena tidak ada uang lebih untuk membayar jasanya. Jika demikian kenyataannya, maka mau tidak mau agan sista (yang mengajukan perceraian) harus datang setiap kali ada panggilan sidang atau jika tidak datang, maka perkara perceraian yang agan sista ajukan bisa jadi gugur.

Nah, dibawah ini kang asep informasikan hal-hal apa saja yang bisa mempercepat proses persidangan :

  • Buat Surat Permohonan atau Surat Gugatan dengan Benar
    Buatlah surat permohonan atau surat gugatan dengan baik dan benar, jangan sampai salah ketik, permohonan atau gugatan tidak jelas (kabur) dan kesalahan-kesalahan lain yang harus dihindari. Jika agan sista tidak bisa membuat surat permohonan atau gugatan, silahkan gunakan jasa POSBAKUM pada pengadilan tersebut atau agan sista bisa melihat contohnya pada artikel berjudul : Contoh Surat Gugatan Cerai Taklik Talak
  • Sidang Tanpa dihadiri oleh Tergugat atau Termohon
    Jika agan sebagai suami mengajukan perceraian, maka agan disebut sebagai pemohon sedangkan istri agan yang diajukan disebut sebagaia termohon. Sedangkan jika sista mengajukan perceraian, maka sista disebut sebagai penggugat dan suami sista disebut sebagai tergugat. Nah, jika pihak termohon atau tergugat tersebut tidak hadir dipersidangan walaupun sudah adanya surat panggilan, maka hakim bisa langsung memutuskan perkara perceraian tersebut saat itu juga. Putusan yang seperti ini di dalam dunia hukum dikenal dengan istilah putusan verstek.

    Meskipun hakim bisa memutuskan perkara saat itu juga (dalam sidang yang pertama), tapi biasanya dalam kebanyakan kasus, hakim akan memerintahkan juru sita untuk memanggil termohon atau tergugat kembali satu atau dua kali lagi dan apabila pihak  termohon atau tergugat tidak juga hadir ke persidangan, maka hakim akan memutuskan perkara tersebut.

    Ini akan sangat berbeda jika pihak termohon atau tergugat terus-menerus hadir, karena akan ada proses persidangan yang lebih panjang seperti jawaban (replik, duplik), pembuktian dan sebagainya.

  • Ikuti Perintah Majelis Hakim
    Maksudnya, jika hakim memerintahkan agan sista untuk membawa dua orang saksi, silahkan agan sista bawa dua orang saksi, jangan malah ngeyel dan hanya membawa satu orang saksi. Kasus semacam ini sering sekali kang asep temui dari beberapa orang yang berkonsultasi sebelum sidang. Entah dapat ilham darimana atau mungkin karena tidak mau ribet, biasanya banyak orang yang hanya membawa satu orang saksi saja.

    Jadi begini loh agan sista yang budiman, saksi itu kan nantinya akan menguatkan keterangan yang sudah agan sista berikan dalam surat permohonan atau gugatan yang agan sista buat. Kalau hanya satu orang saksi saja, maka kesaksiannya tidak akan dapat diterima, jadi bagaimana mau cepat cerai kalau sudah seperti ini.

    O, iya kang asep kasih tahu nih, jadi saksi itu tidak butuh skill apapun dan tidak harus orang berpendidikan. Yang paling penting saksi itu mengetahui persis keadaan rumah tangga agan sista. Misalnya jika agan sista sering bertengkar, mungkin ada tuh tetangga agan sista yang sering denger pertengkaran tersebut. Atau jika pasangan agan sista selingkuh, mungkin juga ada temen agan sista yang melihat pasangan agan sista berselingkuh. Nah orang-orang tersebut itulah yang bisa agan sista ajukan sebagai saksi. Mudah bukan?

Nah, demikian itu beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai cara cerai paling cepat yang dapat agan sista perhatikan. Perlu diperhatikan bahwa pada akhirnya cepat atau lambatnya proses persidangan itu semuanya tergantung dari keputusan majelis hakim itu sendiri. Meskipun demikian, majelis hakim pun pasti tidak akan melenceng dari hukum acara yang saat ini berlaku di pengadilan agama.

Gravatar Image
Blogger pemula, Lulusan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Advokat pengacara yang fokus menangani masalah perceraian dan hukum perdata islam lain di Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Sumedang, Garut, Bekasi dan kota/kabupaten lainnya di Jawa Barat.

102 thoughts on “Ini Dia Cara Cerai Paling Cepat di Pengadilan Agama

  1. Mao tanya kang kk saya cwe dia gugat suami nya cere akan tetapi pas panggilan sidang pertama kk saya tidak hadir itu gugur ga? Kalau mau melanjutkan nya kembali apa harus mengurus berkas-berkas seperti awal? Mohon bantuannya ya kang

    1. Pengajuan perceraian untuk orang islam itu di pengadilan agama tempat kediaman istri, kalau istri bapak ada di surabaya, silahkan datang saja ke pengadilan agama surabaya, meskipun dulu bapak dan istri menikah di jawa tengah.

  2. kemaren2 istri nya yg gugat ..baru sidang pertama lancar pas sidang yg kedua tahu2 katanya gugatan di cabut tanpa sepengetahuan abang sy …
    katanya kg ada duit ..tpi sekarang abang sy yg jdi pemohon..katanya suruh ngisi formulir dan 3 alasan jdi pemohon itu apa…itu gimana yh kang…

  3. Assalamualaikum,
    Kang saya seorang ibu 2org anak saya ingin mengajukan gugatan cerai krn suami saya tidak taat agama,tdk bs jd imam yg baik dia jarang solat dan tdk pernah membimbing kami ke jalan Alloh juga jika saya meminta dia utk solat dia selalu marah.
    Dalam hal keuangan dia juga sering marah2 jika sedang kurang uang saya sebagai istri selalu dimusuhi dan jika saya sdh memberinya/mencari pinjaman untuknya baru dia baik2 ke saya.
    Sering kali dia abaikan saya sebagai istri dlm hal urusan nafkah bathin apalagi.
    Bagaimana caranya kang saya ingin mengajukan cerai apakah dosa saya menggugat suami saya.mohon masukannya kang.terima kasih.
    Waalaikumsalam wr.wb

    1. Waalaikumsalam,
      Ibu Eka yang baik untuk masalah dosa tidaknya itu diluar kompetensi saya untuk menjawab, namun jika ibu ingin mengajukan atau menggugat cerai suami, ibu cukup bawa KTP dan buku nikah asli ke Pengadilan Agama ditempat ibu tinggal.
      Demikian jawabana saya, terimakasih.

      1. Assalamu’alaikum kak,
        maaf izin bertannya..
        kalau untuk biaya cerai berapa ya kak?
        soalnya mbak saya sudah ditalak 3 sama suaminya, namun suaminya belum juga daftar cerai ke pengadilan agama ( dikarenakan si suami terbuai dengan wanita selingkuhannya)
        dan kebetulan mbak saya belum mengerti ngurus penceraian termasuk biaya ke pengadilan agama..

        terima kasih banyak kak..

  4. Assalamualaikum…sy mau brtanya,apa yg harus dilakukan, jika istri ingin mengajukan perceraian, krn alasan sdh tdk bersama sama selama 3 tahun??? Apakah bisa memberi alasan sdh tdk cocok lg???. Terima Kasih.

  5. Kang saya mau tanya dlu sy nikah di karang tengah (tangerang kota), setelah menikah sy pindah bersama suami ke pondok cabe (tangerang selatan). Krn konflik ini sy kembali lg ke karang tengah namun ktp sy masih ktp pondok cabe. Klo sy mau menggugat itu ke pengadilan agama mana? PA tangerang kota atau PA tangerang selatan?
    Dan klau buku nikah sy sm suami bgmn sy bisa mengajukan gugatan?

  6. Assalamualaikum wr wb.
    Kang,maaf sy mau konsultasi.
    Sy menikah dg suami sy secara sirih,sedangkang suami sy masih punya istri yg sah secara hukum. Tp suami sy sudah 3kali menTalak dia di depan sy maupun keluarga sy .
    Istri nya itu tidak pernah mau di cerai,padahal hampir setiap hr suami sy dlu di hina di injak2,makanan Dr piring istrinya sy lempar ke muka suami sy,di bilang bajingan pelacur laki2 dll .. Itu karna masalah mereka dulu.yg suami sy dlu menjual mobil istrinya itu sblm knal sy .
    Lalu istrinya mengusir suami saya,sampai dia ketemu saya dan menikahi sy secara agama dulu.
    Suami sy ingin segera bercerai dg istri nya itu karna sifat dan sikap nya itu.
    Dlu istrinya minta di. Cerai terus tp setelah suami sy menikahi sy istrinya ngotot ga mau di cerai .
    Suami sy sudah berusaha menceraikan dia,tp surat nikah dan KTP asli suami sy di pegang istrinya .
    Dan istrinya ga mau kasih.
    Gimana ya langsung baik nya,saya bingung .
    Mohon sarannya kang

  7. Mau tanya kang,saya sudah menalak istri saya.sudah 3 tahun,tp buku nikah saya ada di tangan dia.dan jika saya minta mau saya urus selalu tidak boleh.langkah2 apa saja yg hrs saya lakukan kang.
    Jika saya mau membuat duplikat buku nikah ke KUA sayaratnya apa aja kang?
    hrs bawa ktp istri jg gak kang?sedangkan bawa ktp istri ga mungkin di kasih.
    Terimakasih kang….

    1. Betul jika buku nikah tidak ada bisa dengan duplikat buku nikah dari kua.
      Secara teknisnya saya kurang tahu, itu silahkan mas Nasro tanyakan langsung ke pihak KUAnya.
      Mas siapkan saja ktp mas, serta data-data pernikahan dulu untuk mempermudah petugas KUA dalam mencari berkasnya.

  8. Assalamualaikum.. Pak gimana kalau saksinya ada tp ga mau datang karna tkt ga mau ikut campur..tp sy sudah tidak kuat lg di tusuk dr blakang dn di pukuli..

  9. Assalamualaikum. Pak saya mau bertanya. Tp sebelumnya saya jelaskan dulu kondisinya. Pihak yg akan bercerai ayah saya dengan istri kedua nya. Jadi tanpa sepengetahuan kami (anak&istri pertama) ayah saya dan istri ke2 nya sudah membuat surat nikah, tetapi di wilayah yg berbeda (jakarta timur), bukan di kua tempat tinggalnya wanita itu (jakarta barat). Dan kami pihak istri pertama ingin mereka segera bercerai. Pertanyaannya 1. Sah kah pernikahan mereka, 2. Apakah dengan selembar surat cerai talak tiga yg diserahkan ke pihak wanita sudah cukup sah utk bercerai, 3. Apakah harus melalui tahap yg diatas kl mereka mau bercerai? Mohon penjelasannya. TERIMAKASIH

    1. 1. Jika ayah ibu statusnya masih suami, maka apabila ingin melangsungkan pernikahan lagi caranya adalah melalui poligami atau menceraikan istri pertama lalu menikah dengan wanita lain. KUA manapun tidak akan mau mengeluarkan surat nikah pada orang yang sudah beristri kecuali ia sudah cerai atau ada izin poligami. Lain halnya jika ayah ibu berbohong tentang status perkawinannya.
      2. Jika sudah ada buku nikah berarti perkawinannya sudah diakui oleh negara, maka proses perceraiannya mengikuti ketentuan hukum yang berlaku.
      3. Sudah dijawab di poin 2.

  10. Assalamualaikum Kang…Saya seorang pns dengan 3 putera, sudah 11 tahun menikah, saya mau ajukan gugatan cerai kepada suami yang juga pns dengan alasan gugatan melakukan perzinahan bahkan sampai punya anak…kalau untuk kelengkapan administrasi tidak ada masalah, tapi untuk menghadirkan para saksi yang tidak mungkin…semua pada bungkam, tidak mau bicara bahkan menghindar dari saya…padahal mereka tahu ceritanya, kebetulan juga memang tinggal di kota yang berbeda…Tolong saya Kang…saya sudah tidak bisa meneruskan rumah tangga ini lagi…apa yang harus saya lakukan Kang…?!

    1. Saksi wajib ada bu untuk menguatkan gugatan ibu.
      Tidak ada cara lain selain ibu harus bujuk saksi untuk hadir di persidangan.
      Jadi saksi tidak sulit dan tidak usah takut, nanti kan cuma ceritain saja apa yang dilihat, didengar dan diketahui langsung oleh saksi yang bersangkutan.

    1. Untuk lama pembuatan kutipan akta nikah (duplikat buku nikah) saya tidak bisa pastikan lamanya berapa hari. Itu petugas KUA yang urus.
      Dana gugat cerai juga tidak bisa dipastikan akan habis berapa, tergantung radius dan lamanya proses persidangan.
      Tapi biasanya kalau mengajukan sendiri kira-kira 1 Jutaan (bisa kurang bisa lebih).

  11. Maaf kang mau tnya,,istri sy org kalbar dan sy org purwakarta dan sy menikah d krwang,,sy mau gugat cerai istri sy krna ssuatu hal.u/pngajuanny k kua mn?mhn info’y kang.

  12. maaf pak mau tanya, saya menikah dengan suami di Pd. Aren Tangerang Selatan , kemudian setelah ada masalah suami saya mentalaq saya secara lisan sampai sekarang suami saya sudah memiliki kekasih lagi tapi setiap kali saya meminta kejelasan status saya secara hukum beliau selalu mengundur-ngundur . nah pertanyaannya sekarang saya tinggal dijakarta timur sedangkan dia ditangerang kota , tapi KTP kami masih ktp tangerang Selatan , itu jika saya yang mengajukan gugatan kepengadilan apa bisa pak ? kalau pun bisa ke pengadilan mana saya harus mengajukan gugatan pak ? Tangerang Selatan atau Jakarta Timur tempat saya tinggal ?
    Terima kasih sebelumnya ya pak 🙂

    1. Tentu saja ibu bisa mengajukan gugatan cerai ke pengadilan tempat domisili ibu saat ini. Jika sekarang ibu tinggal di jakarta timur, daftarkan saja di pengadilan jakarta timur, namun syaratnya ibu harus buat surat keterangan domisli di jakarta timur dulu.

  13. Saya nikah siri 2 tahun lalu.. Dengan istri yg pertama cerai secara agama karna ada masalah usaha yg bangkrut.. Sampai perang hebat dan saya diancam oleh keluarga istri saya yg pertama… Sudah berlalu dua tahun dan kita sudah tidak berhubungan lagi satu sama lain nya… Pertanyaan saya bagaimana cara saya bisa nikah resmi dengan istri siri saya ? Mohon solusi nya. Makasih

  14. ass. wr. wb.
    Saya sudah 3 th lebih pisah rumah dengan suami dan saya ingin mengurus surat perceraian. Tetapi saya saat ini bekerja di luar negeri.
    1. Apa yang harus saya lakukan dan doc apa saja yang dibutuhkan
    2.Apa mungkin tanpa bantuan pengacara , supaya tidak menghabiskan banyak biaya
    3.Berapa lama sampai surat keluar
    Terima kasih

  15. saya mau konsultasi, setelah saya dan suami menikah kami tinggal di kota (A) sampai anak pertama kami lahir, hubungan kita mulai retak karena sifat suami, saya putuskan untuk pulang ke rumah orang tua saya dan mencari pekerjaan di kota (B), sudah 2 th lebih saya pisah dari suami… saya ingin mengajukan percerain, apakah bisa saya lakukan di kota (B) ? KTP dan Buku Nikah masih di bawa suami di kota (A) ..
    mohon masukannya
    terima kasih

  16. salam mas
    saya tinggal didepok.
    tapi ktp jakarta timur.
    lalu urus cerainya di pengadilan agama depok apa jaktim ya?
    kalo ktp ilang.syaratnya pakai apa ya mas?

  17. Assalamualaikum mas asep,
    Saya mau bertanya. Saya ingin mengajukan cerai kepada suami saya. Apakah data yg saya bawa ktp dan buku nikah saja? Akta anak saya bawa juga gak mas? Terus saya tinggal di jakarta selatan, tepatnya pesanggrahan. Apakah Tempat yg saya datangi kua pesanggrahan?

  18. Misi kang. Kang saya mau tanya, kan temen saya perempuan trus dia nikah tapi dia nikah lagi hamil trus skrg mau cerai karna udh gasanggup sm suaminya. Itu bisa cepet gak ya ngurusnya,biaya nya bisa berjuta2 gak?

  19. Saya ingin menggugat.. Domisili saya Jakarta barat.. Klo istri saya Bekasi.. Saya mau tny.
    Saya harus mengajukan ke pengadilan dmn. Apa harus sesuai domisili saya??
    Atau harus sesuai domisili istri saya..??
    Terimakasie

  20. Misi kang asep saya mau tanya saya mau menggugat istri saya tapi buku nikah yg 1 di bawa istri saya dan ktp saya jakarta dan ktp istri jawa tengah berbeda wilayah gmana solusinya kang makasih

    1. Kalau dihitung dari mulai daftar mungkin sangat lama dan berbulan bulan.
      Kalau dihitung setelah selesai sidang (putusan) dan berkekuatan hukum tetap, kira-kira 2 atau 3 bulanan baru akta cerainya bisa diambil

    2. Maaf kang saya mau tanya,saya tnggal d kota jambi..saya mw mengjukan gugatan cerai suami saya krna sudah 8 bulan tidak memberi nafkah,dan dia menuduh saya selingkuh,gimna ya cara nya kang

  21. Assalamualaikum mas asep, Saya mau tanya akibat adanya keributan rumah tangga seorang istri terucap dengan lantang dan serius kata minta cerai yg sdh berkali kali terucap saat ada keributan,,bagaimana hukumnya mhn penjelasannya

  22. Saya mau tanya kang…apa orang yg menikah , tpi kumpul suami istri nya hya sekitar 2 bln ..stlh 3 th byk mslh dan mau cerai…apa ada hak harta Gono gini yg perlu di bagi.
    Catatan * suami krj sdri di makan sdri & istri kerja sdri di makan sendri.
    Tpi istri puya hrta lbh dan suami minta bgi rata..apa boleh suami mdptkan hrta istri.

    1. Kalau ada harta yang didapat setelah menikah meskipun sedikit, itu masuk harta bersama (baik yang diusahakan suami atau istri). Kalau harta tersebut adalah harta bawaan sebelum menikah atau harta waris misalnya itu tidak termasuk dan tidak perlu dibagi-bagi

  23. kang pernikahan saya baru mau jln setenggah tahun..sayapun nikah di jodohkn..berkali2 suami saya nyakitin ht&perasaan saya..saya ajukan cerai cpt ngk proses nya itu kang..

  24. Mf kang mau tny.. klo sy nikahx di bdg lalu biz nikah ikut suami ke jtk jdx pindah ktp ke jkt, lalu klo mau urus cerai dmn y kang.. ?? Mksh

  25. Pak maaf sya mau tnya saya mau gugat cerai suami saya prmasalahan nya karna sering ribut dan merasa tidak ad kcocokan lgi di antara saya dan suami trus saya pngen brcerai tapi suami saya ttp kekeh ngga mau cerai sma saya bisa ngga yCh sya ngaju.n cerai trus lw istri yg ngajuin cerai ribet ngga pak mohon pnjelasaan nya ych mkasih

  26. kang asep, boleh minta kontak nya tidak, sya ingin bertanya secara pribadi, karna terlalu singkat klo tanya jawab dsni. tolong ya kang, terimakasih banyak

  27. Gan, saya sudah talak 1 istri saya secara agama. Sudah ada selembaran kertas ikrar talak. Sudah di tandatangani saya, istri n saksi Di buat di KUA
    Sekarang istri saya minta surat cerai dari pengadilan agama, agar status berdasarkan negara jelas. Agar AKTA CERAI keluar.
    Nikah di bogor
    Ktp di bekasi
    Agar selesai cepat bagaimana? Apabisa di bekasi?

  28. Saya sdh 25 th menikah…. setelah anak pada dewasa kok malah sering bertengkar…. saya pns dan istri jg pns… saya sdh tdk tahan dengan cacian dan sindiran istri… bagaimana penfajuan cerainya?

  29. Assalamualaikum kang Asep,

    Saya mohon bantuan nya…

    Saya mengjukan permohonan cerai ke istri saya, tetapi sudah 1 bulan ini dia meninggalkan rumah tanpa se-izin saya. Dan saya tidak tau dia dimana sekarang.

    Semua berkas2 dan persyaratan sudah masuk ke PA, dan bahkan sy sudah dapat tanggal sidang pertama.

    Pertanyaan saya, jika surat panggilan cerai tidak sampai ke istri saya, apakah permohonan cerai saya masih tetap bisa di lanjutkan? Misalkan saya hanya memberitahu via SMS/WA begitu kang.

    Kedua, boleh di share tips agar sidang nya cukup 1-2x saja beres kang?

    Terimakasih kang Asep. Berkah selalu.
    Salam.

    1. Waalaikumsalam.
      Kalau surat panggilannya tidak sampai ke istri, panggilannya jadi tidak patut, bapak harus perbaiki alamat istri yang sebenarnya. Jika bapak masih bisa komunikasi via WA bisa ditanyakan saja alamat tinggal sebenarnya dimana.
      Tidak ada tips-tipsnya, biasanya perkara cerai ini akan lebih mudah jika keduanya sudah sepakat dan sama sama ingin bercerai. Kalau memang istrinya sudah sepakat bercerai, bisa mojok via WA saja pak. hehe

  30. ass,,sya seorang wanita pekerja sya sudah pisah sma suami sya sudah 5 thun lamanya,tpi sya blum urus surat cerai secara resmi di pengadilan agama karna sya tidk bisa urus karna sya tidak ad wktu untk bolak balik urus,,ap kah pak asep bisa bantu sya untuk urus surat cerai sya,,trimaksi

  31. Assalamualaikum kang… Saya mau nanya.saya ingin gugat cerai suami. Tpi saya binggung kemana harus mendaftar kan gugatan sya… Saya tinggal dikalimantan namun KTP msih domisili jatim. Sedangkan Suami domisili di bekasi…

    1. Untuk muslim pengajuannya ke PA sesuai alamat tinggal istri, jika istri yang mengajukan, dan alamat di ktp dengan alamat tinggalnya beda, silahkan buat saja surat domisili di alamat tinggal sekarang, nanti daftar ke PAnya pakai surat domisili tsb.

  32. Assalamualaikum pak….
    Saya digugat cerai oleh istri. dan persidangkan pun sudah memutuskan cerai. Dan saat ini dia memegang semacam sertifikat/ surat cerai. Sedangkan saya tidak. LAlau kalau saya berencana menikah lagi. apakah saya harus mengurus surat cerai?
    Bagaimana prosedurnya ya pak…. trims…..

  33. Ass,,kang asep…maaf sy mw tanya kl sy dulu nikah di Jawa Barat,,tp KTP Domisili di Jakarta Pusat,,lalu kl sy mw ajukan perceraian ke pengadilan agama mana yah.?

  34. kang asep saya non muslim klu cara proses perceraian cepat bisa gk ya kang,soalnya suami saya gak mau di ceraikan padahal,saya gk di kasih nafkah selama 9 bulan,saya selama 9 bulan cari nafkah sendiri,klu saya pakai jasa advokad biaya nya mahal gk ya kang,trims

    1. Proses cerai tidak bisa dipercepat, harus ikuti tahapan tahapannya dari mulai daftar, sidang pertama, kedua dan seterusnya sampai selesai. Biasanya untuk kasus yang pihak tergugatnya tdk mau cerai malah bisa semakin lama, karena tentu kemungkinan besarnya tergugat akan melawan di pengadilan.
      Untuk biaya jasa advokat tentu tergantung advokatnya bu. Silahkan langsng ditanyakan ke advokat yang mau ibu kuasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *