konsultasi cerai gratis, pengacara perceraian, pengacara bandung
KANTOR HUKUM

Kantor Hukum Asep Arif Hamdan dan Rekan

Contoh Surat Kuasa Khusus Pengambilan Akta Cerai

Contoh Surat Kuasa Khusus Pengambilan Akta Cerai – Bagi agan sista yang perkara perceraiannya sudah berkekuatan hukum tetap dan ingin mengambil akta cerai tetapi tidak bisa dilakukan oleh agan sista sendiri, maka agan sista bisa mewakilkannya kepada orang lain dengan terlebih dahulu membuat dan menandatangani surat kuasa khusus pengambilan akta cerai di Pengadilan Agama yang bersangkutan.

Meskipun demikian perlu agan sista ketahui bahwa ada beberapa Pengadilan Agama yang tidak memperbolehkan orang lain untuk mengambil akta cerai agan sista meskipun dengan membawa surat kuasa sekalipun. Akta cerai tersebut hanya bisa diambil oleh agan sista sendiri dan / atau oleh pengacara agan sista. Tidak dengan orang lain meskipun orang lain tersebut adalah keluarga atau kerabat agan sista sendiri.

Baca Juga : Cara dan Biaya Pengambilan Akta Cerai di Pengadilan Agama

surat kuasa pengambilan akta cerai, surat kuasa khusus, contoh surat kuasa, contoh surat kuasa insidentil

Namun demikian, ada pula Pengadilan Agama yang memperbolehkan pengambilan akta cerai diwakili oleh orang lain dengan menyerahkan surat kuasa khusus pengambilan akta cerai bermaterai 6000 yang diketahui oleh kepala desa atau kelurahan. Disamping itu ada pula Pengadilan Agama yang memperbolehkan akta cerai diambil oleh keluarganya saja dengan syarat harus menyerahkan surat kuasa khusus pengambilan akta cerai bermaterai 6000 disertai surat keterangan dari Kelurahan/Desa yang menerangkan hubungan kekeluargaan antara Pemberi Kuasa dan Penerima Kuasa.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa masing-masing Pengadilan Agama memiliki aturan-aturan yang berbeda-beda berkenaan dengan boleh tidaknya akta cerai diambil oleh orang lain dengan menggunakan surat kuasa. Beberapa Pengadilan Agama yang memperbolehkan akta cerai diambil oleh orang lain atau keluarganya melalui surat kuasa diantaranya adalah Pengadilan Agama Ciamis, Pengadilan Agama Semarang, Pengadilan Agama Pelaihari, Pengadilan Agama Malang Kabupaten, Pengadilan Agama Blambanganumpu dan Pengadilan Agama Kotabumi.

Untuk informasi lebih jelas apakah Pengadilan Agama yang agan sista maksud memperbolehkan pengambilan akta cerai diwakili oleh orang lain atau tidak, silahkan agan sista tanyakan saja kepada petugas di Pengadilan Agama tersebut. Agan sista dapat menanyakannya disaat agan sista mendaftarkan perkara perceraian di Pengadilan Agama tersebut, saat akan menghadiri persidangan atau dapat pula dengan cara menghubungi pihak Pengadilan Agama melalui telepon, email atau website Pengadilan Agama yang bersangkutan.

Nah, bagi agan sista yang sedang membutuhkan contoh surat kuasa pengambilan akta cerai, berikut kang asep berikan contohnya. Contoh dibawah ini merupakan contoh surat kuasa khusus untuk mengambil akta cerai di Pengadilan Agama Ciamis. Silahkan agan sista sesuaikan, jika pihak pengadilan agan sista meminta surat kuasa khusus pengambilan akta cerai yang diketahui oleh kepala desa atau kelurahan.

Baca Juga : Cara Mengurus Perceraian Sendiri Tanpa Pengacara

Catatan : Pemberi kuasa harus membubuhkan tanda tangan diatas materai 6000.

Tulis Komentar