konsultasi cerai gratis, pengacara perceraian, pengacara bandung
KANTOR HUKUM

Kantor Hukum Asep Arif Hamdan dan Rekan

Contoh dan Cara Membuat Surat Keterangan Ahli Waris

Surat keterangan ahli waris atau surat silsilah ahli waris atau biasa disebut juga surat pernyataan waris merupakan surat yang menerangkan data-data ahli waris yang diketahui dan dibenarkan oleh kepala desa atau lurah serta dikuatkan oleh camat. Surat keterangan ini merupakan surat penting yang dapat dipergunakan oleh ahli waris untuk berbagai keperluan misalnya pada saat pengajuan penarikan dana di bank atas nama pewaris, klaim asuransi jiwa pewaris, pengajuan permohonan penetapan ahli waris di Pengadilan atau untuk keperluan lainnya.surat keterangan ahli waris

Adapun cara membuat surat keterangan ahli waris tersebut adalah dengan datang langsung ke kantor desa atau kantor kelurahan setempat dengan membawa persyaratan sebagai berikut :

  • Surat pengantar dari RT/RW
  • Foto copy KTP dan KK semua ahli waris
  • Foto copy surat kematian pewaris atau surat laporan kehilangan surat kematian apabila surat kematian hilang
  • Foto copy buku nikah orang tua dilegalisir di KUA setempat apabila yang mengurus surat keterangan adalah anak
  • Surat keterangan ahli waris yang ditandatangani oleh oleh para ahli waris diatas materai Rp. 6.000,- yang diketahui dan ditandatangani oleh ketua RT/RW sebagai saksi

Selanjutnya mengenai biaya pembuatan surat keterangan ahli waris ini biasanya gratis. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan di beberapa desa atau kelurahan dikenakan biaya yang besarannya bervariasi. Namun demikian, biasanya biaya tersebut cukup terjangkau oleh masyarakat.

Demikianlah cara membuat surat silsilah waris atau surat keterangan ahli waris dari desa atau kelurahan yang dapat kang asep sampaikan. Intinya jika agan sista membutuhkan surat tersebut untuk berbagai keperluan termasuk saat ingin mengajukan permohonan waris di pengadilan agama, agan sista tinggal datang langsung saja ke kantor desa atau kelurahan dengan membawa persyaratan-persyaratan yang sudah kang asep jelaskan diatas.

Oh iya, bagi agan sista yang membutuhkan format atau contoh surat keterangan ahli waris, silahkan download saja disini.

Tulis Komentar