Akta Cerai Hilang? Begini Cara Mengurus dan Membuatnya Lagi

Posted on

Beberapa minggu belakangan ini cukup banyak pengunjung blog kang asep yang mengeluhkan akta cerai aslinya  hilang. Entah karena banyak orang yang teledor atau mungkin karena lagi musim hujan, sehingga menyebabkan banyak akta cerai yang hilang terbawa arus banjir. 😀 Namun apapun sebab musababnya, intinya agan sista tidak perlu khawatir berlebihan jika akta cerai asli agan sista raib entah kemana.

Meskipun begitu, kang asep sarankan kepada agan sista untuk selalu menjaga akta cerainya masing-masing, mengingat akta cerai merupakan salah satu dokumen penting yang menjadi bukti sah telah terjadinya sebuah perceraian. Masih mending kalau agan sista sudah nikah lagi, bagaimana kalau agan sista belum nikah lagi dan pengen segera nikah tapi akte cerainya keburu hilang, kan bisa malah jadi ribet lagi, harus ngurus ini itu lagi.

surat cerai hilang

Nah, berikut ini adalah cara mengurus dan membuat lagi akta cerai atau surat cerai yang hilang yang kang asep ketahui dari berbagai sumber :

  • Datang ke kantor polisi setempat, tempat dimana akta cerai tersebut hilang dan mintalah kepada petugas kepolisian untuk dibuatkan surat keterangan kehilangan akta cerai.
  • Di beberapa pengadilan biasanya ada yang meminta surat keterangan belum pernah menikah lagi sejak terjadinya perceraian. Jadi silahkan agan sista buat surat tersebut di desa atau kelurahan masing-masing.
  • Bawa KTP, Surat keterangan kehilangan akta cerai dari kepolisian dan surat keterangan belum pernah menikah lagi dari kelurahan (desa) tersebut ke Pengadilan yang dahulu menerbitkan akta cerainya agan sista.
  • Selanjutnya silahkan agan sista komunikasikan saja dengan petugas di pengadilan tersebut dan ikuti setiap arahan yang mereka berikan.

Demikianlah cara mudah mengurus akta cerai yang hilang. Intinya, jika akta cerai agan sista raib entah kemana, agan sista tidak usah khawatir. Ikuti saja cara yang kang asep jelaskan diatas. Insyaallah dengan cara tersebut, agan sista akan bisa mendapatkan akta cerai agan sista lagi.

Baca Juga : Cara dan Biaya Pengambilan Akta Cerai di Pengadilan Agama

Gravatar Image
Blogger pemula, Lulusan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Advokat pengacara yang fokus menangani masalah perceraian dan hukum perdata islam lain di Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Sumedang, Garut, Bekasi dan kota/kabupaten lainnya di Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *