6 Alasan Cerai yang Diperbolehkan dan Dapat Diterima di Pengadilan

Posted on

Perceraian adalah salah satu hal yang boleh dilakukan (halal), tapi sangat dibenci oleh Allah SWT. Oleh karena hal itu, pemerintah Republik Indonesia melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 9 Tahun 1975 tentang Pelaksanaan Undang-undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan memberikan batasan-batasan alasan cerai yang diperbolehkan serta dapat diterima di Pengadilan.

Penting bagi agan sista, suami atau istri yang sedang mengalami masalah dalam kehidupan rumahtangganya untuk mengetahui apa saja alasan-alasan cerai yang diperbolehkan serta dapat diterima oleh pihak pengadilan. Hal ini bertujuan agar nantinya permohonan atau gugatan cerai yang agan sista ajukan, dapat diterima oleh majelis hakim serta peluang untuk dikabulkan majelis hakim menjadi lebih terbuka lebar.

kenapa harus cerai, kenapa harus berpisah, alasan cerai yang diterima pengadilan, alasan cerai yang diperbolehkan, sebab cerai yang diijinkan

Berikut ini adalah 6 alasan-alasan perceraian yang diperbolehkan menurut Pasal 19 PP No. 9 Tahun 1975 :

  1. Salah satu pihak berbuat zina atau menjadi pemabok, pemadat, penjudi, dan lain sebagainya yang sukar disembuhkan;
  2. Salah satu pihak meninggalkan pihak lain selama 2 (dua) tahun berturut-turut tanpa izin pihak lain dan tanpa alasan yang sah atau karena hal lain diluar kemampuannya;
  3. Salah satu pihak mendapat hukuman penjara 5 (lima) tahun atau hukuman yang lebih berat setelah perkawinan berlangsung;
  4. Salah satu pihak melakukan kekejaman atau penganiayaan berat yang membahayakan pihak yang lain;
  5. Salah satu pihak mendapat cacat badan atau penyakit dengan akibat tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai suami/isteri;
  6. Antara suami dan isteri terus-menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga.

Jika ada satu atau lebih dari satu poin alasan cerai yang sesuai dengan kondisi rumah tangga agan sista, silahkan agan sista buat surat permohonan cerai atau surat gugatan cerai dengan menyertakan alasan tersebut. Jika agan sista kesulitan untuk membuat surat gugatan, agan sista bisa menggunakan jasa Pusat Bantuan Hukum di Pengadilan Agama terkait.

Disamping keenam alasan cerai tersebut diatas, jika sista merupakan seorang istri dari suami yang pada saat melangsungkan akad pernikahan suami tersebut mengucapkan shigat taklik talak, sista juga bisa mengajukan gugatan cerai kepada suami apabila sang suami telah melanggar shigat taklik talak yang ia ucapkan dahulu.

Shigat taklik talak sendiri dapat agan sista lihat pada buku nikah agan sista masing-masing yang mana isinya terdiri dari 4 poin sebagai berikut :

1) Meninggalkan istri saya 2 (dua) tahun berturut-turut;
2) Tidak memberi nafkah wajib kepadanya 3 (tiga) bulan lamanya;
3) Menyakiti badan/jasmani istri saya; atau
4) Membiarkan (tidak memperdulikan) istri saya 6 (enam) bulan lamanya;

Dan karena perbuatan saya tersebut istri saya tidak ridho dan mengajukan gugatan kepada Pengadilan Agama, Maka apabila gugatannya diterima oleh oleh Pengadilan Agama tersebut, kemudian istri saya membayar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) sebagai iwadh (pengganti) kepada saya, maka jatuhlah talak saya satu kepadanya;

Khusus untuk gugatan cerai taklik talak, sebaiknya sista ajukan dengan alasan sekurang-kurangnya 2 poin dari 4 poin yang disebutkan diatas. Hal ini bertujuan agar alasan cerai yang sista ajukan kepada hakim menjadi lebih kuat, sehingga kemungkinan untuk dikabulkan oleh majelis hakim menjadi lebih besar.

Baca Juga : Ini Dia Syarat Pengajuan Permohonan Cerai Oleh Suami

Gravatar Image
Blogger pemula, Lulusan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Advokat pengacara yang fokus menangani masalah perceraian dan hukum perdata islam lain di Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Sumedang, Garut, Bekasi dan kota/kabupaten lainnya di Jawa Barat.

90 thoughts on “6 Alasan Cerai yang Diperbolehkan dan Dapat Diterima di Pengadilan

  1. Saya baru menikah dengan suami awal tahun 2016, dan saya ingin mengajukan gugatan cerai kpd suami krn dy suka berjudi..
    tp suami masih punya hutang ke keluarga saya.. apa dia wajib membayar hutangnya meski sudah bercerai dr saya?
    Saya dan suami jg blm sempat mengurus kk, jd status kami di ktp masing2 masih single..
    mohon jawabannya
    terimakasih.

  2. Malem kang Asep
    1.Kalo misal yang punya salah suami terus istri mau cerai tapi dia ga mau mengurus perceraian gimana kang?
    Mohon petunjuk.
    2.Bisakah yang salah jadi penggugat/pemohon?

      1. pak kalau mau pakai pengacara itu mahal ya. saya ingin anak saya , karna sekarang di ambil dengan keluarga mntan suami saya ..

          1. Maaf pak, apa untuk mengurus perceraian wilayah kabupaten bekasi khususnya tarumajaya hanya bisa dipengadilan agama cikarang?

  3. Salam kenal pak.. bolehkah sy konsultasi mengenai masalah gugat cerai di pengadilan agama. Sy mohon minta kontak yg bs dihubungi/via email.. terima kasih

  4. Pak mau minta solusi saya uda 17 tahun menjalin rumah tangga, singkat saj sekarang itri saya membenci dan menfitnah keluarga saya,degan tuduhan bermacam macam tampa ada bukti,yg paling menyakitkan lagi, bahwa ibu saya dia katakan BIADAP, terus kk saya di fitnah,dan adek saya pun dia musuhi, fitnahan itu dia peroleh dari dukun yg tinggal dekat rumah saya pak. Mohon solusinya terimak

    1. Maaf saya tidak mengerti masalah perdukunan.
      Sebaiknya dibicarakan secara kekeluargaan dulu, bagaimana yang terbaik untuk rumah tangga sdr. Kalau harus bercerai, tinggal ajukan saja ke pengadilan.

  5. minta solusinya pak saya ingin melakukan pernikahan dengan seorang duda yang telah berpisah dgn istrinya selama nya 3 thn, namun stelah mw menikah ternyata surat cerai nya belum diurus.
    dan setelah di hubungi ke mantan istri , mantan istri yang urus surat cerai stelah 6 bulan surat nya belum keluar juga .gimana ya kami udah kebingungan harus gimana lgi, kmi mw menikah tpi surat dri belum ada, harus gmana pak?

  6. Salam kenal Pak.
    Saya ingin bercerai krn saya sering cek cok dg suami saya,dan sdh 6 bln ini kami pisah ranjang.saya memiliki 2 org putra yg msh kecil2.
    yg ingin saya tanyakan adalah,bagaimanakah caranya agar hak asuh anak tetap berada pada saya?
    terimakasih.

  7. Mohon maaf nyela, setahu saya apabila anak msah di bwah 12 thun hak asuh jtuh ke ibu, kec si ibu yg salah, mohon maaf, misalnya selingkuh. Terima kasih

  8. Maaf pak, saya mau tanya.,
    Saya baru nikah 3thun, tpi sering cek cok.
    Dan kemarin saya mentalaq istri melalui pesan elektronik, apakah talaq tersebut sah/tidak?
    Terima kasih.

  9. Assalamualaikum. Salam kenal pak Asep, saya ingin meminta solusi tentang masalah rumah tangga saya. Saya baru menikah 3th dan sudah memiliki anak umur 1th. Saat ini suami saya sudah mentalak saya dan akan mengurus gugatan cerai. Adapun alasan jatuhnya talak adalah karena percekcokan yg saya anggap biasa ada dalam rumah tangga. Suami saya mengantarkan saya ke rumah orang tua saya. Bukannya berusaha memperbaiki keadaan, suami saya malah keukeuh ingin melakukan gugatan cerai. Apa yg harus saya lakukan pak, apa saya harus mengikuti keinginan dia untuk bercerai atau saya harus bagaimana? Sedangkan saya memikirkan nasib anak saya ke depannya. Karena dg adanya perceraian maka anak saya yg akan menjadi korban. Tolong pencerahannya pak Asep. Terimakasih.

  10. malem kang asep
    apa sy salah n juga berdosa jika mnceraikan istri sy hanya karna kluarganya sudh sangat membenci sy
    tlong jawabannya

  11. malem kang asep,
    istri sy ingin klu sy yg mengajukan perceraian d PA, karna sy ingin bikin istri sy bahagia dengan rasa sedih sy bersedia mengajukan cerai d PA
    tapi istri sy ga bersalah apa” ,yg bersalah itu sy n sy bingung harus memakai alasan apa buat sy menceraikanny karna sy juga masih sayang sama istri sy walaupun semua kluargax membenci sy
    sy mohon saran kang asep

  12. memang sy tau klu perceraian itu amat d benci ALLAH n wanita soleha tau itu
    jika istri sy yg soleha sudah bosan dengan kebohonganku n mengajukan gugatan cerai, apa yg harus sy lakukan? sy ingin istri sy bahagia walau harus menggugat cerai sy

  13. apa sy harus memfitnah istri sy, supaya pengajuan cerai sy d terima oleh PA
    jika sy n istri tidak ada yg mengajukan cerai trus…istri berat sama kluargax dari pada sy n tinggal bersama kluargax sedangkan sy tinggal sendiri, gimana itu kang asep??

  14. Istri sy minta diceraikan tapi alasan sy cuma karna ingin menuruti permintaan istri sy karna dia ga mau ngajukan gugatan, kluargax minta itu
    Mohon saran kang

  15. Assalamu alaikum kang. Saya berumah tangga sudah 5 tahun. Dan dikaruniai seorang anak usia 3.5 tahun. Memanglah dr awal pernikahan, kami sering terlibat pertengkaran. Dan pd tgl 2 juni 2016 saya pulang ke rumah ortu dan atas ijin suami. Saya menunggu suami saya mnjemput atau itikad baik untk mmperbaiki dr suami tp tak ada juga sampai pada bln juli 2016 saya mlh melihat suami saya mengupload foto mesra dg seorang wanita di akun sosial media nya. Singkat cerita, 6 bulan sudah suami tak ada kbr. Akhirnya sy mncoba mmbuka hati untk pria lain.
    Disaat saya sudh yakin dg pilihan sy, sy berniat untk mngajukan gugatan cerai ke pngadilan. Krna sy juga gamau trlalu lama dg sttus sy yg g jelas. Aplgi si pria ini udh serius mau menikahi saya.
    Tp tiba2 suami saya dtng dn mngajukan rujuk. Wlwpun dihati saya sudh tdk ad rasa sayang, saya mngiyakan rujuk krena alasan kasihan anak saya.
    Ttpi stelah dijalani ko trnyta saya emng udh ga ad rasa syng lagi. Saya mencoba tp saya ga bisa. Saya takut berdosa lama2 dn akhirnya dlm hati saya mantap ingin brcerai saja. Kira2 pendapat kang asep bgaimana?? Mohon diberi solusi.

    1. Kalau dari saya bu, sebaiknya dipikirkan kembali sebelum menggugat cerai. Coba diobrolkan baik baik dengan suami. Ingat anak dan sebagainya. Tapi kalau sudah mantap dan yakin mau bercerai, silahkan ajukan saja ke pengadilan ya bu.

  16. selamt siang pak,pak saya mau bercerai dgn suami saya,karna udah 3tahun pernikahan kita tp saya tdk pernh mersa nyaman klu dkt dy,jd pernikahn ini hanya status saja,dan untuk nafkah lahir batin suami saya sangat kurang.saya mau bercerai krna diperthan kan juga cma batin,kita sllu berselisih.terima kasih sebelum nya

  17. Siang kang asep,
    Sy pisah ranjang dengan istri selama 7bln, kmudian istri minta diceraikan supaya hubungan/status ini bimbang. Sy n istri hidup sendiri2 sampai skrng, gimana solusinya… Makasih

  18. Ass,,, Maaf mau bertanya : suami sy mninggalkan sy Dan ank2, dari Nov 2013, smpai skg, sy nikah siri, Dan ingin mngakhiri nya, bagaimana Cara nya ? Terima kasih, Wasalam.

  19. pagi mas asep mau tanya.. kk saya dah menjatuhkan talaq3 ke istrix.. tp sampai saat ini kk saya belum membuat akta cerai.. dan saat ini dia ingin membuatx.. saya mau tanya apakah biayax sama saja krn udah 2taunan lamax baru saat ini mau mengurusx.. trimz

  20. asalamuallaikum, sy mau tanya
    istri sy ingin bercerai tapi sy yg harus mengajukan permohonan cerai di PA
    tapi sy bingung ga ada alasan buat menceraikannya, sy udah bilang agar dia yg mengajukan gugatan di PA tetapi ga mau
    apa cara terbaik buat masalah sy ini?

  21. Km mnikah sudah 20th anak 2. Anak ikut saya ,sudah 3 bln istriku pergi karena selingkuh,tiba2 muncul dan mnta cerai,sy sangat mncintai istriku dan keluarga,lantas dia mau ngurus sendiri surat cerai,pertanyaannya?apakah bs istriku ngurUs akte cerai tanpa ijin aku?trims

  22. Assalamulaikum..kang asep sya mau tanya..ketika istri saya sdang marah..dan saya terbawa emosi dan tak sengaja mengucapkan kata cerai… Itu sah/tidak..mohon bimbingan nya..makasih

  23. Ass..pak ,saya nita saya sudah menikah baru mau 7 bulanan ,,selama pernikahan saya, saya merasa tidak nyaman karna suami tidak bekerja dan tidak menjalankan kewajiban nya menafkahi saya dengan benar dan dia. Tidak pernah menjalankan sholat 5 waktu,, dan kami sering bertengkar setiap bulan nya..saya merasa lelah dan batin..apakah saya perlu menggugat cerai kepda nya??

    1. Saya rasa mbak Nita lebih mengetahui permasalahan dan beban masalah tersebut. Kalau mbak Nita sudah yakin ingin mengajukan perceraian, silahkan ajukan saja, tapi kalau belum yakin mending berusaha dipertahankan saja

  24. Assalamualaikum Pak Asep, saya Hamzah, saya mohon informasi bisakah sy mengajukan gugatan cerai adik sy yg sudah meninggal, karena suaminya sudah lebih 3 thn tdk pernah mendatangi dan tidak diketahui keberadaan nya bahkan sejak setahun terahir sakit hingga meninggal tidak perhah hadir. Surat cerai kami butuhkan untuk urusan Waris anak satu satu nya yg ikut adik perempuan saya… Terimakasih

  25. Aslm pak asep. Istri saya mau cerai terus tapi saya gak mau karena ingat anak. Trus pertanyaan saya gmna klw istri gugat cerai. Apa yng harus sy lakukan pak?

  26. Aslm,kang asep
    saya ingin mengugat cerai kepada istri saya krena selama ini hubungan rumah tangga saya sudah tidak jelas sering ribut krena istri saya selalu berkata kasar yg akhirnya sering selisih paham,apaka PA akan menerima alasan perceraian kami,mohon advicenya.terimakasih

  27. Aslm, saya ingin menggugat cerai istri saya. Tetapi dia tidak mau mengurus percerai bersama” sama. Dengan alasan sibuk mengurus anak. Apabila dipersidang dia tidak hadir apakah diperbolehkan?

  28. Mlm kang…
    Saya mau gugat cerai istri saya…
    Tp saya kura paham langkah prtama saya hrs sprti apa…trma kasih kang

  29. assalammualaiqum….
    mohon pencerahan nya akang asep..
    ……………………………….

    untuk saat ini saya tak taw istri ada dimana dan kmi dah loscontak.

    nah pertanyaan saya kang asep ini tuk mengajukan gugatan ke PENGADILAN AGAMA KOTA DEPOK APA KE PENGADILAN AGAMA BANYUMAS ??
    mohon pencerahan nya kang asep hatur nuhu.
    wassalammualaqum wr wb

    1. Waalaikumsalam, maaf komentarnya saya potong
      Intinya untuk muslim pengajuannya ke pengadilan agama sesuai alamat tinggal istri. Jadi otomatis harus dicari tau istrinya sekarang tinggal dimana.

  30. Malam kang…
    Minta sosusinya q dah nikah 5thn punya anak 2.tp istri q skit jiwa sudah 4thn kambuhnya dadakan sering kabur” bawa anak sampe nangis anak..kira” hak asuh anak kemana

  31. kalau klurga suami ingin mrbut ank stelah perceraian, pdhal sblumnya tdk prnah mnfkahi, gmn solusiny pak?? mhn pnjelasan

  32. Assalamualaikum pak saya mau bertanya??saya istri pernikahan saya cuma bertahan 1th 3bln,suatu hari kami bertengkar&suami saya pergi dari rumah sampai kurang lebih 3th tdk ada kabar sama sekali/lost kontak,saya tdk tahu keberadaannya sampai sekarang&hari ini saya akan mengajukan cerai ke pengadilan agama???kira” prosesnya lama/tdk???

  33. Saya menikah d kua tegal…sekarang sy sdh pindah ke tangerang sdh punya ktp kk tangerang.apakah bisa saya urus cerai di tigaraksa tangerang.

  34. Assalamualikum.. Slm kenal. Sy mau tny proses sidang cerau ghaib brpa lama ya dr tnggal pendaftaran soalnya dh hmpr 3 bln sy lum dpt srt sidang jg.. Kira” brapa bln prosesnya smp dpt akta cerai

  35. Assalamualaikum.slm knl kg asep.saya mau nanya.saya udh pisah slma 5 thn lm nya saya ingin mengurus perceraian saya sm mantan istri saY tpi buku nkh/akte nkh ada di pihak istri tpi mntan istri ku ga mau memberikan buku nkh/akte nkh gmn solusinya kang.tolong bantu.

  36. Ada teman saya sudah buat pernyataan cerai antara suami dan istri yg sudah ditandatangani bermaterai. Bagaimana kalau untuk mengajukan ke pengadilan agama? Apakah surat pernyataan itu perlu ditunjukkan juga?

    1. Jika belum ada putusan pengadilan yang berkuatan hukum tetap, maka wanita tsb masih berstatus istri dari suaminya. Jika wanita masih berstatus istri orang lain kemudian ada laki-laki lain yang berhubungan suami istri dengan wanita tsb, bagaimana menurut mas?

  37. Assalamualaikum pak, mohon pencerahannya apakah seorang suami bisa menuntut karena tidak terima atas pengajuan cerai yang di ajukan oleh pihak istri, trima kasih sebelumnya

  38. Salam kenal…lngsung saja.pak.kl istri yg menggugat cerai suami akibat cekcok terus..apakh istri tdk dpt hak asu anak yg msh dibawah 10 thn istrinya bekerja dan sehat jiwa dan raga.dan apakah nti suami gak wajib ksh anak nafkah setelah cerai..

    1. Belum tentu, karena masalah hak asuh anak kan masalah apakah seseorang layak mengasuh anak atau tidak. Dan untuk nafkah anak sendri tidak terputus karena terjadinya perceaian. Ayah tetap wajib menafkahi anaknya sampai dewasa.

  39. Saya mau tanya pak. Jika pihak tergugat tdk pernah mau menerima surat panggilan dari penggadilan agama itu bagaimana ya? Apakah proses cerai tetep bisa berjalan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *