konsultasi cerai gratis, pengacara perceraian, pengacara bandung
KANTOR HUKUM

Kantor Hukum Asep Arif Hamdan dan Rekan

Ini Kisaran Biaya Jasa Pengacara Perceraian di Jakarta

Ada banyak alasan kenapa seseorang memilih menggunakan jasa pengacara perceraian terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Beberapa alasan yang paling banyak adalah karena kesibukan bekerja, tidak terlalu mengerti masalah hukum atau memang hanya karena tidak mau repot saja untuk urus ini dan itu. Dengan situasi semacam itu, maka tidaklah heran jika banyak orang yang ingin tau kira-kira berapa kisaran biaya jasa pengacara perceraian di Jakarta.

Mengetahui kisaran tarif pengacara perceraian di Jakarta tentu sangat penting diketahui supaya sobat sebagai calon pemberi kuasa / calon client bisa menyiapkan biayanya jauh-jauh hari. Disamping itu dengan mengetahui kisaran biaya pengacara perceraian, sobat juga bisa menimbang-nimbang apakah biaya yang pengacara bebankan tersebut cukup wajar atau tidak.

biaya pengacara perceraian di jakarta

Perlu sobat ketahui sebelumnya bahwa kebanyakan pengacara membebankan biaya berdasarkan beberapa faktor. 2 faktor yang biasa menjadi pertimbangan utama pengacara adalah tingkat kerumitan/kompleksitas kasus dan ke Pengadilan mana kasus tersebut diajukan.

Sebagai mana pernah kang asep jelaskan di artikel Pertanyaan dan Jawaban Seputar Perceraian yang Sering Diajukan bahwa dalam mengajukan perkara cerai, sobat bisa sekaligus menyertakan perkara lain yang bersangkutan seperti hak asuh anak dan pembagian harta gono gini. Meskipun oleh karena beberapa sebab, kang asep selalu menyarankan untuk dipisah saja.

Biaya pengacara untuk mengurus perceraian saja tentu akan lebih murah jika dibandingkan biaya pengacara untuk mengurus perceraian disertai hak asuh anak atau harta gono gini. Kang asep rasa ini wajar mengingat semakin kompleks dan pelik kasus yang ditangani, tentu kerjanya pengacara juga semakin banyak dan semakin lama pula. Semakin banyak hal yang dikerjakan dan semakin lama pengacara bekerja tentu semakin besar biaya yang diperlukan.

Berikutnya yang biasa dijadikan pertimbangan utama pengacara dalam menentukan biaya perceraian adalah ke Pengadilan mana perkara tersebut diajukan. Bagi yang beragama islam, pengajuan cerai diajukan ke pengadilan agama dan bagi yang non muslim, pengajuan cerai diajukan ke pengadilan negeri.

Umumnya pengacara membebankan biaya perceraian lebih mahal untuk kasus di pengadilan negeri karena beberapa sebab misalnya perbedaan biaya di Pengadilan Negeri yang lebih mahal dan sebagainya. Hal ini tentu bisa dimaklumi mengingat Pengadilan negeri selain mengurus masalah keperdataan juga mengurus masalah pidana.

Adapun kisaran biaya pengacara perceraian di Jakarta berkisar antara 15 sampai 60 jutaan. Untuk kasus di Pengadilan agama kisaran 15-30 Jutaan dan untuk kasus di pengadilan negeri 25 sampai 60 jutaan. Biaya tersebut adalah biaya keseluruhan, artinya sudah termasuk biaya ke pengadilan serta biaya jasa pengacara.

Adapun untuk kasus perceraian yang berlanjut ke tingkat banding dan kasasi, biasanya pengacara membebankan biaya tambahan. Kisaran biaya untuk tingkat banding sekitar 25 juta dan untuk kasasi sekitar 15 juta.

Oleh karena pada dasarnya tidak ada standar baku biaya pengacara perceraian, maka sobat sebagai calon pemberi kuasa atau calon client bisa melakukan negosiasi harga serta negosiasi mekanisme pembayarannya. Beberapa pengacara ada yang meminta sobat untuk melunasi pembayaran total sebelum perkaranya diproses. Beberapa pengacara juga ada yang memberikan kemudahan pembayaran dengan opsi cicilan/bertahap.

Demikianlah informasi kisaran biaya pengacara perceraian di Jakarta yang dapat kang asep sampaikan. Intinya, kisaran biayanya antara 15 sampai 60 juta yang disesuaikan dengan berat ringannya kasus yang akan ditangani oleh pengacara yang bersangkutan.

Tulis Komentar