konsultasi cerai gratis, pengacara perceraian, pengacara bandung
KANTOR HUKUM

Kantor Hukum Asep Arif Hamdan dan Rekan

Ini Syarat Saksi Sidang Perceraian di Pengadilan Agama

Pagi-pagi itu kang asep baru saja sampai di Pengadilan Agama Ciamis, tiba-tiba datanglah seorang wanita paruh baya yang meminta kang asep untuk menjadi saksi sidang perceraian yang akan digelar. Seketika itu pula kang asep langsung menolak, bukan karena sombong atau tidak mau membantu, tapi kang asep tidaklah mengetahui permasalahan wanita tersebut sehingga sampai sidang di Pengadilan.

Wanita paruh baya tersebut terlihat masih terus berharap kepada kang asep untuk menjadi saksi sidang perceraianya. Terdengar wanita itu menjelaskan duduk perkaranya sambil mengharap iba dengan raut wajah yang sangat gelisah. Rupanya wanita tersebut lupa membawa saksi seperti yang diminta oleh hakim di sidang sebelumnya.

Permintaannya kembali kang asep tolak. Kang asep menyarankan untuk menelpon orang-orang yang dekat dengan wanita tersebut yang mengetahui permasalahan rumah tangganya seperti sahabatnya, tetangganya atau keluarganya sendiri. Kang asep kemudian menjelaskan bahwa kang asep tidak bisa dijadikan saksi, karena kang asep tidak tahu masalah rumah tangga wanita tersebut dan tidak mau membuat kesaksian palsu.

saksi di pengadilan agama, saksi dalam persidangan perceraian, syarat saksi, saksi cerai, saksi persidangan, saksi perceraian,

Nah dari cerita diatas, mungkin agan sista paham bahwa tidak semua orang dapat dijadikan sebagai saksi sidang perceraian atau sidang apapun. Baik di Pengadilan Negeri maupun di Pengadilan Agama, ada syarat-syarat tertentu dimana sesorang dapat atau tidaknya untuk dijadikan sebagai saksi dalam persidangan, khususnya sidang dalam kasus perceraian (cerai talak maupun cerai gugat).

Berikut adalah syarat saksi sidang perceraian di Pengadilan Agama :

  • Sehat pikiran, mental dan ingatannya (tidak gila).
  • Cakap Hukum (Dewasa serta tidak dibawah pengampuan).
  • Mengetahui Permasalahan Rumah Tangga Yang Berperkara (melihat, mendengar dan mengetahui sendiri secara langsung).
    Misalnya alasan perceraian agan sista adalah karena sering terjadi pertengkaran terus-menerus, maka contoh saksi yang bisa didatangkan adalah tetangga agan sista yang pernah mendengar agan sista bertengkar.

Dalam perkara perceraian terutama dalam perceraian karena alasan shiqaq (karena pertengkaran atau perselisihan terus menerus), agan sista bisa mendatangkan saksi dari keluarga agan sista sendiri. Sedangkan untuk perkara perceraian selain karena shiqaq seperti pelanggaran atas shigat taklik talak dan sebagainya, para ahli hukum masih berbeda pendapat tentang boleh tidaknya mendatangkan saksi dari pihak keluarga.

Saran kang asep, jika perkara perceraian agan sista bukan karena alasan shiqaq, maka sebaiknya agan sista datangkan saja saksi diluar keluarga agan sista sendiri yang mengetahui permasalahan keluarga agan sista, misalnya sahabat agan sista, tetangga agan sista dan sebagainya.

Baca Juga : Alasan Cerai Yang Diperbolehkan dan Diterima di Pengadilan Agama

O iya, agan sista biasanya suka diminta hakim untuk mendatangkan 2 orang saksi, itu wajib dipenuhi loh. Jangan sampai disuruh hakim untuk membawa dua orang saksi, agan sista malah membawa satu orang saksi saja. Itu penting loh, karena kesaksian satu orang tidak dapat dianggap sebagai saksi. Artinya jika tidak ada alat bukti lain yang memenuhi syarat, maka saksi yang diajukan harus lebih dari satu.

Oleh karena banyaknya mbak-mbak yang ngeluh ke kang asep tentang susahnya mencari saksi dengan alasan saksi yang melihat, mendengar atau mengetahui permasalahan rumah tangganya takut dihadirkan di persidangan, maka saran kang asep sebaiknya agan sista rayu saja mereka, katakan kepada mereka bahwa menjadi saksi itu tidaklah sulit, hanya mengatakan apa yang ia lihat, dengar atau yang ia ketahui saja.

Orang yang bersaksi tidak akan dimasukkan kedalam penjara seperti para koruptor kelas kakap yang sering diberitakan di tipi-tipi kok. Asalkan saksi tersebut memberikan keterangan yang jujur, kang asep jamin, saksi tersebut akan aman sentosa.

Jika saksinya masih tidak mau datang ke pengadilan, coba diberi rayuan maut saja. Rayuan maut yang kang asep maksud adalah dengan memberikan sedikit pelicin, supaya si saksi mau datang dan memberikan keterangan di sidang  perceraian agan sista di Pengadilan Agama.

Baca Juga : Ini Besaran Biaya Perceraian di Pengadilan Agama

34 Comments

Tulis Komentar