konsultasi cerai gratis, pengacara perceraian, pengacara bandung
KANTOR HUKUM

Kantor Hukum Asep Arif Hamdan dan Rekan

Ini Besaran Biaya Perceraian di Pengadilan Agama

Hampir setiap kali bertemu orang yang datang ke pengadilan agama, mereka selalu menanyakan berapa biaya perceraian di pengadilan agama yang harus mereka bayar. Meskipun demikian terkadang ada juga yang menanyakan besaran biaya perkara lain seperti permohonan isbat nikah, permohonan izin nikah, permohonan dispensasi nikah dan sebagainya.

Hal ini memang wajar saja, mengingat hampir sebagian besar masyarakat kita menganggap bahwa pengadilan agama merupakan tempat untuk mengurus perceraian. Tidak salah memang, tapi kenyataannya pengadilan agama bukan hanya berwenang mengurus masalah perceraian orang muslim saja, tapi juga perkara-perkara perdata Islam lainnya seperti Wasiat, Wakaf, Hibah, Shadaqah dan Ekonomi Syariah.

Baiklah, mengenai biaya perceraian di Pengadilan Agama sebenarnya besarannya sangat beragam, tergantung Pengadilan Agama mana yang agan sista maksud serta seberapa jauh letak alamat para pihak (pemohon dan termohon atau penggugat dan tergugat) dari lokasi Pengadilan Agama tersebut.

biaya cerai 2016, biaya cerai tanpa pengacara, biaya cerai dengan pengacara, biaya perceraian di pengadilan agama, biaya cerai talak, biaya gugat cerai

Di Pengadilan Agama ada yang dikenal dengan istilah radius. Radius adalah pengelompokan jarak yang dilakukan oleh pengadilan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi panjar perkara. Panjar perkara adalah jumlah taksiran awal yang ditetapkan oleh pengadilan yang harus agan sista bayar pada saat mendaftarkan perkara di Pengadilan.

Selain radius, jenis perkara juga biasanya mempengaruhi besaran panjar yang harus agan sista bayar. Panjar untuk perkara permohonan biasanya lebih murah daripada panjar untuk perkara gugatan. Meskipun demikian, khusus untuk kasus perceraian, baik perkara permohonan cerai atau gugat cerai biasanya harga tidak jauh berbeda.

Panjar ini hanya bersifat taksiran saja, sehingga nantinya biaya perkara yang harus agan sista bayar bisa saja lebih kecil atau lebih besar. Jika ternyata biayanya lebih kecil, maka sisa uang dari panjar yang sudah agan sista bayar akan dikembalikan oleh pihak Pengadilan. Sebaliknya, jika ternyata biayanya lebih besar, maka agan sista harus membayar biaya tambahan.

Meskipun biaya panjar ini tidaklah sama, tapi sepengetahuan kang asep dari pengadilan-pengadilan agama yang pernah kang asep kunjungi, rata-rata panjar perkara baik permohonan maupun gugatan adalah dikisaran Rp. 250.000,-sampai Rp. 1.200.000,-. Adapaun panjar atau biaya perceraian di Pengadilan Agama rata-rata berada dikisaran Rp. 400.000,- sampai dengan Rp. 1.500.000,-.

Oleh karena panjar perkara yang harus agan sista bayar termasuk panjar biaya perceraian di pengadilan agama ini tergantung radius dan perkaranya, maka untuk mengetahui besaran pastinya, sebaiknya agan sista cek saja di website pengadilan agama masing-masing daerah. Atau apabila agan sista tidak menemukan dan mengetahui website Pengadilan Agama tersebut, sebaiknya agan sista bawa saja uang kisaran maksimal yang sudah kang asep informasikan diatas. Hal ini berguna untuk berjaga-jaga, jangan sampai agan sista kekurangan uang saat ingin membayar panjar perkara di Pengadilan Agama.

Jika agan sista tidak mau repot ngurus ini itu, termasuk bayar panjar biaya perceraian di pengadilan agama atau panjar untuk perkara-perkara lain, silahkan saja agan sista gunakan jasa advokat atau pengacara. Hanya saja untuk menggunakan jasa advokat atau pengacara ini, agan sista harus menyediakan uang yang lebih besar.

Baca Juga : Ini Dia Besaran Biaya Jasa Advokat Pengacara Saat Ini

Demikianlah informasi besaran taksiran biaya perceraian di Pengadilan Agama serta besaran biaya perkara lain yang dapat kang asep informasikan. Bagi agan sista yang lokasinya jauh dari Pengadilan Agama atau lokasi suaminya (tergugatnya) jauh dan berada di luar kota, sebaiknya siapkan saja dana maksimal, karena untuk panggilan yang jauh (luar kota atau kabupaten) biayanya panggilannya lebih besar daripada biaya panggilan dalam kota (kabupaten).

Catatan :

Informasi panjar perkara di atas merupakan informasi panjar untuk pengadilan agama tingkat pertama. Jika perkara dilanjutkna ke Pengadilan Tinggi Agama atau Mahkamah Agung, maka agan sista harus membayar biaya lagi dengan jumlah yang lebih besar dari perkiraan panjar diatas.

4 Comments

Tulis Komentar