konsultasi cerai gratis, pengacara perceraian, pengacara bandung
KANTOR HUKUM

Kantor Hukum Asep Arif Hamdan dan Rekan

Ini Dia Contoh Surat Permohonan Cerai Talak Oleh Suami

Contoh surat permohonan cerai talak oleh suami ini diperlukan bagi agan para suami yang ingin mengajukan cerai terhadap istrinya di Pengadilan Agama. Tanpa ada surat permohonan perceraian yang agan ajukan, maka agan tidak akan bisa mendaftarkan permohonan cerai agan di Pengadilan Agama.

Surat permohonan cerai talak dapat agan buat sendiri atau dengan menggunakan jasa di Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) Pengadilan Agama setempat. Layanan di Posbakum biasanya tidak dikenakan biaya, agan hanya perlu menjawab pertanyaan petugas Posbakum serta mengisi dan menandatangani formulir yang diberikan.

surat permohonan cerai

Adapun pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh petugas di posbakum meliputi garis besar informasi pernikahan dan masalah pernikahan agan, diantaranya seperti tempat tinggal agan serta istri setelah menikah, informasi seputar anak (jika ada), masalah rumahtangga agan sehingga agan berniat mengajukan permohonan cerai, penyelesaian masalah oleh pihak keluarga (jika ada) serta alamat tinggal agan serta istri agan saat ini.

Baca Juga : 6 Alasan Cerai Yang Diperbolehkan dan Diterima Pengadilan

Layanan di POSBAKUM ini biasanya tidak berlangsung lama, paling hanya sekitar 20 menitan saja, tetapi jika banyak antrian, agan sista harus sabar menunggu giliran dan mungkin akan memakan waktu lumayan lama. Meskipun demikian, pemanfaatan layanan POSBAKUM ini menurut kang asep adalah pilihan yang paling tepat daripada harus membuat surat permohonan sendiri. Alasannya selain gratis, agan juga tidak perlu capek mengetik sendiri dan belajar memahami cara membuat surat permohonan cerai yang benar.

Walaupun begitu, jika agan adalah mahasiswa hukum, lulusan fakultas hukum, pengacara, orang yang memahami hukum, atau orang yang ingin belajar hukum, silahkan agan buat saja surat permohonan cerai sendiri. Selain untuk belajar, ini akan berguna untuk mempercepat proses pendaftaran perceraian agan di Pengadilan Agama, karena agan tidak perlu mengantri di POSBAKUM serta menjawab berbagai pertanyaan dari petugas POSBAKUM.

Nah, bagi agan yang ingin mencoba membuat surat permohonan sendiri atau bagi agan sista mahasiswa yang sedang belajar membuat surat permohonan, dibawah ini kang asep berikan contoh surat permohonan cerai talak oleh suami. Silahkan agan sesuaikan saja data-data serta posita dan petitumnya.

Baca Juga : Ini Dia Besaran Biaya Perceraian di Pengadilan Agama

4 Comments

Tulis Komentar